Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Pasar Emas Meloncat di Atas $1,800, Pengurangan dapat Mulai Tahun Ini

Pasar Emas Meloncat di Atas $1,800, Pengurangan dapat Mulai Tahun Ini

Pasar emas melihat kenaikan langsung setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell terdengar lebih berhati-hati daripada pejabat Fed lainnya ketika berbicara tentang pengurangan, menyatakan bahwa bank sentral dapat mulai mengurangi $ 120 miliar dalam pembelian obligasi bulanan tahun ini.

Powell berjalan di garis tipis antara optimisme dan kehati-hatian, mencatat bahwa ekonomi AS terus membuat kemajuan menuju tujuan Fed.

"Untuk saat ini, saya percaya bahwa kebijakan berada pada posisi yang baik," kata Powell pada Simposium Kebijakan Ekonomi Jackson Hole virtual. "Pandangan saya adalah bahwa tes 'kemajuan lebih lanjut yang substansial' telah terpenuhi untuk inflasi. Ada juga kemajuan yang jelas menuju lapangan kerja maksimum."

Ketika membahas kemungkinan pengurangan pembelian obligasi, Powell mengatakan bahwa hal ini kemungkinan akan mulai terjadi tahun ini.

Ketika berbicara tentang inflasi, Powell mempertahankan pandangannya yang "sementara", mencatat bahwa reaksi berlebihan terhadap angka inflasi yang lebih tinggi dapat lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Powell juga menyatakan bahwa inflasi dapat bereaksi terhadap perubahan kebijakan moneter dengan jeda satu tahun atau lebih.

Sementara itu, Fed akan mengandalkan data yang ada untuk memantau kemajuan inflasi, Powell menambahkan, menyatakan bahwa ia masih percaya bahwa pertumbuhan lapangan kerja akan terus berlanjut dan pertumbuhan harga akan moderat.

Pidato Powell memperjelas bahwa bank sentral akan menunggu lebih lama lagi sebelum mulai melakukan pengurangan, namun tetap menargetkan hal tersebut pada akhir tahun.