Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Wednesday, 12 January 2022

Powell Berjanji Inflasi Bisa di Atasi, Emas Menguat 1%

Harga emas melaju ke harga tertinggi hariannya setelah Jerome Powell dari The Fed menjanjikan permasalahan yang terjadi di Amerika sekarang seperti perekonomian, ketenagakerjaan dan juga tingkat inflasi akan bisa di tangani dengan baik.

Menurut Powell, tahun ini kita bisa melihat adanya pemulihan dari sisi ketenagakerjaan dan tingkat inflasi yang akan membaik, dan hal ini menandakan bahwa ekonomi tidak lagi membutuhkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang sempat di adakan pada saat awal pandemi. Namun dengan adanya pemulihan ini, bukan berarti kita akan kembali pada kondisi normal seperti sebelum pandemi.

Powell juga memperingatkan bahwa bila tingkat inflasi terus meningkat, the Fed harus mulai mengetatkan kebijakan moneter dan ini berpotensi menimbulkan resesi. Selain itu kestabilan harga bisa menjadi ancaman tersendiri bagi progress perekrutan tenaga kerja.

Masalah yang terjadi dengan inflasi saat ini adalah adanya ketidak seimbangan antara permintaan dan persediaan. Powell menjelaskan bahwa bank sentral akan menggunakan kekuasaanya untuk bisa menurunkan tingkat inflasi. Sekarang ini ada permintaan yang tinggi, namun persediaan yang ada tidak mampu memenuhi permintaan yang ada.

Pasar Emas merespon berita ini dengan positif dan mengakhiri perdagangan menguat sebesar 1%.

Sumber : KitcoNews