Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Perusahaan Tambang Besar di Ghana di wajibkan untuk menjual emasnya ke bank sentral

Perusahaan Tambang Besar di Ghana di wajibkan untuk menjual emasnya ke bank sentral

Beberapa perusahaan pertambangan besar di Ghana akan diwajibkan untuk menjual 20% dari emas mereka ke bank sentral Ghana mulai 1 Januari 2023. Hal ini merupakan bagian dari rencana besar Ghana untuk menukar emas dengan gas bumi / bahan bakar.

Harga emas yang akan di berlakukan oleh bank sentral Ghana adalah harga yang berlaku pada saat transaksi dan harga tersebut tidak akan di tambahkan diskon. Bank Sentral Ghana sendiri akan melakukan transaksi pembelian ini dari beberapa perusahan pertambangan besar di Ghana seperto Newmont Corp, Anglogold Ashanti, dan Gold Fields.

Selain itu, perusahan tambang yanglebih kecil juga di wajibkan untuk menjual sebagian emasnya ke perusahaan milik negara, Percious Minerals Marketing Co, namun jumlah dari transaksi ini tidak di beritahu jumlahnya.

Ghana sendiri merupakan penambang emas terbesar di Afrika. Pada tahun 2021, Ghana telah berhasil menambang 117.6 ton emas dan kini pemerintah ingin menggunakan kesempatan ini untuk dapat membeli bahan bakar dengan menggunakan emas dan tidak menggunakan US Dollar lagi.

Meski Ghana merupakan menambang emas dan minyak mentah, Ghana tetap perlu mengimpor berbagai produk hasil olahan minyak bumi yang sudah berhasil di olah dan siap pakai. Hal ini terjadi sejak terjadinya musibah meledaknya pusat pengolahan emas pada 2017.

Adapun latar belakang dari kebijakan untuk menggunakan emas dibandingkan US Dollar untuk membeli minyak bumi adalah untuk mampu melawan tingkat inflasi dan melindungi nilai dari melemahnya nilai mata uang Ghana terhadap Us Dollar.

Sumber : KitcoNews