Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Negara Barat Berencana Melarang Impor Logam dari Rusia, Emas Menguat

Negara Barat Berencana Melarang Impor Logam dari Rusia, Emas Menguat

Harga emas internasional dibuka menguat pada perdagangan Senin pagi usai beberapa negara barat berencana melarang impor logam dari Rusia. Langkah ini diprediksi dapat mengurangi intesitas Rusia dalam menginvasi Ukraina.

Harga emas di pasar spot tercatat naik sebesar 0,2% ke level $1.828,99 per oz. Sedangkan emas pada perdagangan berjangka AS tidak bergerak di level $1.830,90 per oz.

Diketahui empat dari negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G7) bergerak untuk melarang impor emas dari Rusia pada Minggu untuk memperketat sanksi pada Moskow dan memotong sarananya untuk membiayai invasi ke Ukraina. Namun, rencana itu tidak jelas apakah ada konsensus G7, dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel yang mengatakan masalah itu perlu ditangani dengan hati-hati dan didiskusikan lebih lanjut.

 

Selain itu, emas yang menguat juga disebabkan rencana bank sentral AS yang menaikan suku bunga lebih lanjut untuk membendung inflasi yang sekarang terus meningkat.

Dana Moneter Internasional juga memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi AS pada Jumat, karena suku bunga Federal Reserve yang agresif menaikkan permintaan dan memperkirakan Amerika Serikat sulit menghindari resesi.

Sumber : KitcoNews