Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Pivot Kebijakan The Fed akan menjadi katalis pembalik harga bagi emas

Pivot Kebijakan The Fed akan menjadi katalis pembalik harga bagi emas

Jika melihat pergerakan harga emas dari bull run emas dari tahun 2011, harga emas sempat terkoreksi 40% dari harga tertingginya di July 2011 sampai akhirnya melemah ditutup di angka $1.000 per oz pada tahun 2015.

Pola ini bisa saja terjadi jika the Fed terus mengetatkan kebijakan moneternya, namun hal ini masih bisa di hindari.

Para investor emas tidak mempercayai bahwa the Fed mampu menaikan suku bunga lebih tinggi lagi. Pengetatan kebijakan moneter sekarang ini memang terjadi, namun the Fed akan melakukan pivot cepat atau lambat. Meskipun the Fedn telah berusaha untuk melawan inflasi sepanjang tahun ini, harga-harga akan mengalami pelemahan dalam jangka waktu pendek dan fase ini bisa disebut dengan stagflasi. Masalah dari tingginya tingkat inflasi adalah inflasi tidak dapat menurun secara drastis dalam waktu yang pendek.

Menurut para pengamat, Senjata the Fed untuk mengurangi inflasi adalah dengan mengurangi permintaan dengan menaikan suku bunga, namun dengan kebijakan ini, the Fed akan sulit dapat mempertahankan kebijakan ekonomi lainnya dengan ketat.

Selain itu para pengamat melihat adanya potensi dari the Fed untuk melakukan pivot dan hal ini akan sangat membantu harga emas untuk bisa kembali menguat. Harga emas sekarang ini diperdagangkan dikisaran $1.650 atau 10% lebih rendah dari harga awal tahun 2022. Jika suatu saat the Fed melakukan kebijakan pivot ini, maka emas akan kembali menjadi aset safe haven yang akan di pilih oleh para investor sebagai diversifikasi portfolio.

Sumber : KitcoNews