Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Harga Emas Tidak Dapat Mengejar Tawaran Setelah Perombakan Fed

Harga Emas Tidak Dapat Mengejar Tawaran Setelah Perombakan Fed

Meskipun sudah terjadi perombakan besar-besaran pada Federal Reserve Senin malam, pasar emas belum cukup menciptakan tawaran di pasar logam mulia.

Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengatakan dirinya akan pensiun pada 8 Oktober dan Presiden Fed Boston Eric Rosengren mengatakan dirinya akan pensiun pada 30 September. Kedua presiden bank sentral regional tersebut mengundurkan diri karena mereka berada di bawah pengawasan investasi yang mereka buat tahun lalu.

Analis mencatat bahwa bulan depan akan ada enam kursi terbuka pada pertemuan kebijakan moneter 19 kursi. Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, mengatakan dalam komentarnya kepada Kitco News bahwa lowongan tersebut dapat menciptakan ketidakpastian karena hampir sepertiga kursi di komite sekarang perlu diisi.

Analis mengatakan bahwa kekosongan Rosengren dapat memiliki dampak paling signifikan pada kebijakan moneter masa depan karena, di bawah sistem saat ini, ia menjadi anggota pemungutan suara Federal Reserve pada tahun 2022.

"Dia adalah suara hawkish di The Fed," kata Hansen.

Perwakilan Fed Dallas akan menjadi anggota pemungutan suara pada tahun 2023.

Pengunduran diri juga datang karena Federal Reserve terlihat untuk mengubah kebijakan moneternya, yang menumbuhkan harapan bahwa ia akan mengumumkan rencananya untuk mengurangi pembelian obligasi bulanan pada pertemuan kebijakan moneter November. Diperkirakan juga tapering akan dimulai pada Desember dan selesai pada pertengahan 2022.

Plot titik terbaru juga menunjukkan bahwa Federal Reserve terbagi rata pada kenaikan suku bunga. Saat ini, sembilan anggota melihat potensi untuk menaikkan suku bunga pada Desember 2022. Satu suara bisa membuat perbedaan ketika bank sentral menaikkan suku bunga.

Beberapa analis mengatakan bahwa perombakan di The Fed tidak berdampak pada emas karena Rosengren tidak mungkin diganti dengan presiden yang dovish.

Terlepas dari berita fed, harga emas telah jatuh lebih jauh di bawah level support kritis $1.750 per ounce. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada $1.731,70 per ounce, turun lebih dari 1% hari ini.

"Meskipun sedikit mengejutkan, pengunduran diri Kaplan dan Rosengren tidak dan mungkin tidak akan berdampak pada pasar atau kebijakan Fed," kata Jim Wyckoff, analis teknis senior di Kitco.com. "Presiden Fed yang baru dipilih oleh direktur bank distrik—bukan Presiden Joe Biden, jadi Biden tidak dapat menunjuk seseorang yang memiliki ideologinya tentang kebijakan moneter."

Carsten Fritsch, analis logam mulia di Commerzbank, mengatakan bahwa dia juga tidak mengharapkan pensiun akan berdampak pada harga emas.

"Jelas, diasumsikan bahwa penerus mereka - yang akan ditunjuk oleh masing-masing cabang Fed regional - akan memiliki pandangan hawkish yang sama," katanya.

Para ekonom mencatat bahwa investor sangat memperhatikan kebijakan moneter AS karena potensi kebijakan moneter yang lebih ketat mendukung dolar AS dan mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi, keduanya merupakan faktor negatif bagi pasar emas.

Menurut sebuah artikel dari Wall Street Journal, Kaplan melakukan beberapa juta dolar perdagangan saham individu tahun lalu. Sementara itu, Rosengren berinvestasi dalam perwalian investasi real estat dan telah dikritik karena mengambil langkah sambil menyoroti risiko di sektor real estat.