Close Menu

Change Language

Close Language Selection
Berita Tuesday, 21 September 2021

Harga Emas Menyusul Kenaikan 3,9% pada Perumahan Baru di AS

Pasar emas mempertahankan kenaikan dan turun dari tertinggi sesi bahkan ketika konstruksi di sektor perumahan AS meningkat pada bulan Agustus.

Perumahan mulai meningkat 3,9% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,615 juta unit bulan lalu, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Kamis. Menurut perkiraan konsensus, para ekonom mengharapkan untuk melihat laju konstruksi tetap tidak berubah pada 1,55 juta unit.

Setiap tahun, pembangunan perumahan naik lebih dari 17%, kata laporan itu.

Pasar emas tidak melihat banyak reaksi terhadap data ekonomi terbaru; namun, harga telah jatuh dari tertinggi sesi mereka. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada $1.772 per ounce, naik 0,46% hari ini.

Para ekonom menaruh perhatian besar pada sektor perumahan karena menjadi penopang penting kekuatan seiring perekonomian terus merasakan dampak dari pandemi COVID-19. Meskipun laju konstruksi telah melambat sejak tertinggi pada bulan April, sektor ini tetap tangguh.

Para ekonom mencatat bahwa kenaikan izin bangunan menunjukkan pertumbuhan lebih lanjut di sektor perumahan. Laporan tersebut mengatakan bahwa data izin bangunan, yang merupakan pendahulu untuk proyek-proyek masa depan, naik 6% pada 1,728 juta pada bulan Agustus. Untuk tahun ini, izin bangunan melonjak lebih dari 13% dari level Agustus 2020.

“Kami memperkirakan perumahan mulai tetap di sekitar level saat ini pada tahun 2022, karena penurunan tarif telah berhasil mendukung niat pembelian rumah, dan permintaan juga harus didukung oleh formasi rumah tangga yang solid,” kata Katherine Judge, ekonom senior di CIBC.