Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

Bank Sentral Swedia tentang Cryptocurrency: Bitcoin Seperti 'Perdagangan Perangko'

Bank Sentral Swedia tentang Cryptocurrency: Bitcoin Seperti 'Perdagangan Perangko'

Peringatan baru tentang potensi keruntuhan kripto datang dari gubernur bank sentral Swedia, yang membandingkan perdagangan bitcoin dengan "perdagangan perangko."

"Uang pribadi biasanya runtuh cepat atau lambat," kata Gubernur Riksbank Swedia Stefan Ingves pada konferensi perbankan Swedia pekan lalu. "Dan tentu saja, Anda bisa menjadi kaya dengan berdagang bitcoin, tapi itu hampir sama dengan perdagangan perangko."

Ingves telah menyatakan awal tahun ini bahwa cryptocurrency akan menghadapi pengawasan peraturan ketika mereka menjadi lebih umum di kalangan publik.

Ingves bergabung dengan gubernur bank sentral lainnya yang mempertanyakan ruang crypto. Pada bulan Mei, Gubernur Bank of England Andrew Bailey mengatakan bahwa cryptocurrency dapat jatuh ke nol.

Pada bulan Februari, gubernur bank sentral Irlandia Gabriel Makhlouf mengatakan bahwa investor yang memilih untuk membeli bitcoin harus siap kehilangan semua yang mereka masukkan ke dalam cryptocurrency.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga mengomentari popularitas bitcoin pada bulan Februari, merujuk pada cryptocurrency sebagai investasi spekulatif saja.

“Apa yang orang sebut cryptocurrency, merupakan sebuah spekulasi. Tidak ada yang menggunakannya untuk pembayaran, misalnya, seperti dolar,” kata Powell wawancara dengan The Economic Club of New York.

Powell juga membandingkan bitcoin dengan emas: "Selama ribuan tahun, manusia telah memberikan emas nilai khusus yang tidak dimilikinya," katanya. "Meskipun demikian, selama ribuan tahun, mereka telah melakukan itu." Dia menambahkan bahwa bitcoin dan cryptocurrency lainnya "lebih seperti itu. Mereka tidak benar-benar digunakan secara aktif sebagai pembayaran."

Sekitar waktu yang sama, Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang pernah menyebut bitcoin sebagai "aset yang sangat spekulatif", menambahkan bahwa bitcoin tidak "digunakan secara luas sebagai mekanisme transmisi" dan merupakan "cara yang sangat tidak efisien dalam melakukan transaksi."

Fed dan bank sentral lainnya di seluruh dunia sedang mengerjakan mata uang digital mereka sendiri yang dikenal sebagai CBDC. Fed mengatakan mereka akan segera merilis makalah penelitian, melihat pro dan kontra dari inisiatif tersebut.