Untuk Info LM: (021) 4586-3943, (021) 4586-3945                 Untuk Info Valas: (021) 4586-3788, (021) 4586-3789

Close

Change Language

Close Language Selection

"Untested Water" Kondisi Ekonomi Global di Uji.

"Untested Water" Kondisi Ekonomi Global di Uji.

Kondisi ekonomi global saat ini memasuki kondisi baru dimana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan kondisi ini sedang menguji kestabilan kondisi finansial secara global. Hal ini di sampaikan oleh Jon Deane, mantan MD di JP Morgan dan sekarang menjabat sebagai CEO Trovio.

Kondisi ekonomi global saat ini sedang mengalami hal yang tidak pernah di alami sebelumumnya karena banyaknya kebijakan kebijkaan moneter yang di keluarkan demi melawan krisis Covid-19 ini. Pada saat ini tingkat hutang yang terjadi sangatlah banyak, dan dengan suku bunga yang hampir mendekati angka 0, dan ini terjadi di seluruh dunia. Hutang ini terjadi di lingkungann korporasi ataupun individu dan ini dapat membuat tingkat inflasi semakin tidak terkontrol.

Masalah yang terjadi sekarang adalah bagaimana memperkecil tingkat inflasi yang sekarang terjadi. The Fed mulai menaikan suku bunga, namun mereka tidak dapat melakukannya dengan agresif, karena kondisi ekonomi yang belum stabil sekarang ini dan dapat berdampak semakin besar dari aygn sudah terjadi sekarang.

Kondisi sekarang merupakan kondisi yang kurang baik bagi semua bank sentral di dunia. Karena suku bunga yang sudah semakin rendah, apabila bank mulai menaikan suku bunganya sedikit saja, maka hal ini akan berdampak besar. Sebagai contoh, apabila dalam kondisi suku bunga normal 6%, jika dinaikan 10poin, maka dampak yang di rasakan oleh pihak peminjam tidak akan terlalu signifikan. Namun dalam kondisi seperti sekarang, dengan suku bunga yang rendah seperti 1%, jika dinaikan 10 poin, maka kenaikan bunga akan menyentuh 10% dan hal ini tentu akan sangat berdampak bagi pihak peminjam.

Dengan kondisi yang seperti ini, maka tugas the Fed untuk mengendalikan inflasi sangatlah sulit. The Fed melihat tingkat inflasi yang terjadi sekarang ini merupakan masa transisi, namun para investor tidak melihat hal ini sebagai hal yang transisional. 

Ketidakpastian dalam sektor ekonomi ini yang bisa membuat harga emas meningkat dalam 1-2 tahun kedepan.


Sumber : KitcoNews